Jumat, 10 Juli 2009

Siswa dan Komite Sekolah Tolak Pemindahan SMA Negeri 4

*samsudin harahap
MedanBisnis – Pematangsiantar
Rencana pemindahan SMA Negeri 4 Pematangsiantar dari Jalan Pattimura ke Jalan Gunung Sibayak, kembali mendapat penolakan keras dari pengurus komite sekolah, organisasi intra sekolah (OSIS), para siswa dan alumni sekolah tersebut, serta beberapa pengurus LSM.
Penolakan tersebut disampaikan melalui surat resmi yang disampaikan secara beramai-ramai ke Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Disdikjar) Kota Pematangsiantar. Namun karena Kadis Dikjar Drs Surung Siallagan tidak ada, maka massa mendatangi Sekdakot Pematangsiantar James Lumbangaol di kantornya, Kamis(9/7).
Massa yang ikut mengantarkan surat penolakan tersebut antara lain dari Komite SMAN 4 Jarusdin Sitio SH dan Jansen Napitu, Pengurus OSIS Roby Kurniawan dan Dian, serta dari alumni Rado Damanik dan Oktavianus Rumahorbo. Selain itu pengurus Komite sekolah SD nomor 122350 yang diketuai Eben Sianipar turut juga, sebab SD tersebut terletak di areal SMAN 4 itu.
Komite SMAN 4 Jarusdin Sitio SH menjelaskan, munculnya penolakan mereka itu karena dipicu datangnya surat Kadis Dikjar Pematangsiantar kepada Kepala Sekolah SMAN 4 nomor 420/2866 .DM/2009 tertanggal 29 Juni 2009 yang berisi perintah pindah ke gedung milik Hermawanto alias Yempo komisaris PT Detis Sari Indah di Jalan Gunung Sibayak yang dipinjam pakai oleh Pemko Pematangsiantar.
Menurut Sitio, tidak ada alasan untuk pindah dengan meminjam pakai gedung milik orang lain, sebab gedung serta seluruh sarana dan prasarana SMAN 4 yang ada di Jalan Pattimura masih sangat baik.
Sitio menduga, perintah pindah ke Jalan Gunung Sibayak tersebut, adalah bagian dari akal-akalan Pemko Pematangsiantar dengan Hermawanto pengusaha PT Detis Sari Indah untuk memuluskan proses ruislagh SMAN 4 tersebut.
”Sangat aneh, masak kita menyewa barang orang lain,padahal milik kita sendiri ada dan masih sangat baik.Saya curiga ini hanya akal-akalan untuk memuluskan ruislagh.Jadi kami akan meolak secara tegas”cetusnya.
Sementara itu pengurus OSIS Roby Kurniawan yang didampingi seniornya alumni SMAN tersebut Dian dan Rado Damanik, mengatakan menolak perpindahan tersebut dan akan mempertahankan sekolah di Jalan Pattimura itu sampai titik darah terakhir.
Roby beralasan, bahwa dia mau masuk ke SMAN 4 tersebut adalah karena sekolah itu terletak di lokasi yang strategis dengan lingkungan yang nyaman di Jalan Pattimura nomor 1 Pematangsiantar.
”SMAN 4 ini menjadi favorit saya karena terletak di Jalan Pattimura, jadi kalau ada yang berniat memaksakan perpindahan sekolah ini, kami akan pertahankan sampai titik darah terakhir,” tegasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar